Langsung ke konten utama

Hal menarik tentang Ujungpandang a.k.a. Makassar




Mungkin kalian ada yang tidak familiar dengan Ujungpandang. Bisa saja karena nama itu sudah berganti nama menjadi Makassar. Makassar adalah ibu kota dari povinsi Sulawesi Selatan. Kalau kalian tinggal di Jakarta, dengan pesawat kalian mungkin akan memakan waktu sekitar 2 jam. Makassar terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam. Dari makanan seafood, sampai makanan yang berkolestrol tinggi juga ada di Makassar. Banyak tempat wisata yang tidak kalah seru di Makassar.


A. Budaya


Upacara pemakaman Suku Toraja(sumber http://4.bp.blogspot.com/)















Terdapat 4 suku besar di Sulawesi Selatan dan semuanya berkumpul di Makassar. Keempat suku tersebut adalah Suku Makassar, Suku Bugis, Suku Toraja, dan Suku
Mandar. Masing-masing suku memmiliki keunikan dan ketertarikannya tersendiri. Seperti Suku Toraja yang terkenal dengan upacara pemakamannya yang menghabiskan uang jutaan. Suku Bugis yang terkenal sebagai pelaut yang andal. Mereka memiliki kapal yang legendaris yang telah membelah samudera yang luas, yaitu Kapal Pinisi. Si etnis yang berjiwa penakluk juga demokratis yaitu Suku Makassar.

B. Kuliner

Jika kalian tidak mencoba kuliner di Makassar, rasanya belum sah pergi ke Makassar. Makassar adalah kota pesisir. Sumber daya laut yang melimpah, cocok buat kalian yang senang dengan makanan yang seafood yang segar-segar. Buat kalian yang tidak senang dengan makanan seafood  jangan khawatir, masih banyak pilihan yang menghampiri 
Mie Titi(sumber: http://panduanwisata.id/2013/02/16/mie-titi-masakan
-tionghoa-yang-terkenal-di-makassar/)
kalian. Seperti Coto Makassar bagi kalian yang senang isi dalam perut sapi, Sop Konro dengan daging yang lembut dan kuah yang gurih, Sop Saudara, Mie Titie bagi kalian yang suka mie, namun mie yang ini berbeda. Kalau biasanya mie mentah direbus dahulu setelah itu diolah, tetapi pada Mie Titi, mie yang mentah digoreng. Banyangkan mie yang sudah di goreng dan dilumuri kuah yang gurih dan menggoda.
Coto Makassar (sumber: https://www.resepmami.info
/resep-coto-makassar-asli-kuahnya-mantab-abis/)
Saya yang nulis juga jadi laper. Makassar juga punya nasi goreng khas mereka, yaitu Nasi Goreng Merah. Seperti namanya nasi goreng tersebut berwarna merah. Soo... kalau kalian ingin pergi ke Makassar, siap-siap berat banda anda akan meningkat setelah pulang.






C. Tempat Wisata

Salamona Island
Gak asik rasanya kalau datang ke suatu daerah tetapi tidak nangkring di tempat wisatanya. Tak kalah dengan kulinernya, Makassar juga memanjakan kita dengan tempat wisata yang melimpah. Kalau kalian suka dengan sejarah, Benteng Fort Roterdam bisa menjadi salah satu list tujuan kalian. Atau mungkin kalian suka ke pulau-pulau kecil ala-ala seperti yang di Lombok?? Jangan salah Makassar juga punya, yaitu Samalona Island. Disana klian juga bisa snorkling melihat keindahan panorama bawah laut Makassar. 

Indonesia memang menjadi gudanganya objek wisata yang indah-indah, dengan budaya yang menarik dan mempunyai ciri khasnya sendiri. Gak mau kalah, Makassar juga bisa menjadi salah satu destinasi kalian. Sooo.... ditunggu nih kehasiran kalian di Makassar. Kalau pengen ajak gua boleh banget, asala bayarin makanan ehe.... Oke mungkin segini aja untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat and KEEP EXPLORING INDONESIA!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Teknologi dan Cara Mengatasinya

Tidak diragukan lagi, kita sekarang hidup dimana teknologi berkembang sangat pesat. Tanpa disadari atau tidak teknologi telah mempengaruhi kehidupan kita dalam bidang besosial maupun bidang fundamental sekalipun. Orang zaman modern sekarang dikenal sangat bergantung sekali terhadap teknologi sekitar mereka. Banyak orang yang beranggapan teknologi harus terus dikembangkan untuk mencapai kemudahan mengaskses ke berbagai macam hal dan hal yang penting untuk kesejahteraan bersama. Namun tidak sedikit orang juga yang beranggapan bahwa, teknologi yang berkembang dapat menggerus sifat sosial yang membuat masyarakat bersifat individualis, hanya mementingkan kepentingan dirinya dan orang sekitarnya. Sebenarnya teknologi berbahayakah atau menguntungkan bagi kita? Kalau berbahaya seberapa berbahayakah? Kalau menguntungkan seberapa menguntungkannya dia?  Sebenarnya sudah ada perdebatan tentang ini dalam hal ideologi maupun politik. Orang yang sangat mendukung perkembangan te

Kesan Pertama ke Telkom University

Selamat datang di blog gue. Kali ini gue mau nulis tentang bagaimana kesan pertama kali gue tentang kampus gue sendiri yaitu Telkom University dan asrama kampus yang akan gua diami selama satu tahun.  Lorong gedung asrama Hal pertama yang gue lakuin waktu pertama kali sampai di telyu (sebutan mahasiswa telkom untuk kampusnya) yaitu check-in asrama. Hari itu rame banget, karena ratusan mahasiswa baru telkom dengan orang tuanya masing-masing check-in asrama. Gue mendapat kamar di gedung 9. Setiap gedung asrama di telyu punya namanya sendiri. Yang gue inget dari gedung gue hanya namanya dan gue ga tau kalau orang di sana hanya menghafal nomor gedungnya doang. Otomatis gue sempet nyasar ke gedung asrama putri. Untung lagi hari check-in asrama, coba kalau hari biasa, kebablasan bisa bahaya urusannya. Setelah mengarungi gedung-gedung asrama di telyu akhirnya bertemulah gue dengan gedung gue yang akan gue tinggali selama setahun. Setiap gedung di telyu , memiliki senior yang bakal me

Tentang Telkom University: Hal Menarik Tentang Fakultas dan Prodi

Semangat Pagi!! Gimana kabarnya?? semoga baik-baik aja.... Nah kali ini gue mau ngebahas sedikit tentang fakultas, prodi setiap fakultas dan akreditasinya, dan hal menarik tentang setiap fakultas. Untuk akreditasi dari setiap prodi kalian bisa klik aja link-nya yang udah gue cantumin di pembahasan setiap fakultas. Fakultas Teknik Elektro  Selamat datang di fakultas gue. Fakultas Teknik Elektro, atau biasa disebut FTE, menaungi 4 program studi, yaitu: S1 Teknik Elektro & S1 Teknik Elekro Internasional S1 Teknik Telekomunikasi & S1 Teknik Telekomunikasi Internasional S1 Teknik Fisika S1 Sistem Komputer S2 Teknik Elektro Disini kalian akan belajar bagaimana menjadi pengendali lisrik, keren ga tuh? Bukan cuman menjadi pemanjat sutet, tapi kalian belajar bagaimana membuat robot-robot yang keren disini. Gue mengambil program studi Teknik Elektro. Kenapa Teknik Elektro? Karena menurut gue pribadi di masa depan nanti listrik akan menjadi kebutuhan yang sangat poko