Langsung ke konten utama

Tentang Telkom University: Hal Menarik Tentang Fakultas dan Prodi

Semangat Pagi!! Gimana kabarnya?? semoga baik-baik aja.... Nah kali ini gue mau ngebahas sedikit tentang fakultas, prodi setiap fakultas dan akreditasinya, dan hal menarik tentang setiap fakultas. Untuk akreditasi dari setiap prodi kalian bisa klik aja link-nya yang udah gue cantumin di pembahasan setiap fakultas.

Fakultas Teknik Elektro 


Selamat datang di fakultas gue. Fakultas Teknik Elektro, atau biasa disebut FTE, menaungi 4 program studi, yaitu:
  • S1 Teknik Elektro & S1 Teknik Elekro Internasional
  • S1 Teknik Telekomunikasi & S1 Teknik Telekomunikasi Internasional
  • S1 Teknik Fisika
  • S1 Sistem Komputer
  • S2 Teknik Elektro
Disini kalian akan belajar bagaimana menjadi pengendali lisrik, keren ga tuh? Bukan cuman menjadi pemanjat sutet, tapi kalian belajar bagaimana membuat robot-robot yang keren disini.

Gue mengambil program studi Teknik Elektro. Kenapa Teknik Elektro? Karena menurut gue pribadi di masa depan nanti listrik akan menjadi kebutuhan yang sangat pokok. Akan banyak alat-alat canggih di masa depan yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro yang akan membangun, memogram, dan merawatnya. For your information, di Telkom University, untuk peminatan Power di prodi elektro masih belum ada.

Untuk Teknik Telekomunikasi, sudah mendapat akreditasi internasional. Nahh... so pasti prodinya udah keren banget.


Fakultas gue banyak banget lab penelitian disini yang seru-seru banget dan bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa telyu. Menurut gue pribadi yang paling menarik adalah APTRG (Aero Modeling and Playload Telemetry Group) dan INACOS (Information and Autonomous Control System). Hal yang menjadi APTRG menarik adalah disitu kalian bisa belajar bagaimana membangun, memogram, dan mendesain pesawat tanpa awak. Yaa... semacam kita buat drone sendiri, serukan? Nah untuk INACOS, disana kalian bisa meneliti tentang robotika, energi terbahrukan, dan mobil listrik. Gue pribadi karena suka dengan dunia balap Formula 1, gue senng banget ada lab INACOS yang nanti akan banyak mengikuti kompetisi balapan mobil listrik.   



Fakultas Rekayasa Industri


Selamat dantang si Fakultas Rekayasa Industri atau biasa disebut FRI. Ada 5 prodi yang dinaungi FRI, yaitu:
  • S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Industri Intermasional
  • S1 Sistem Informasi dan S1 Sistem Informasi Internasional
  • S2 Teknik Industri
Disini kalian akan belajar banyak banget ilmu dari berbagai macam bidang engineering. Bisa gue bilang Teknik Industri cakupannya luas banget, ilmunya bisa dari Teknik Mesin, Teknik Kimia, sampai yang bukan teknik seperti management, desain juga dipelajarin disini. 

Gedung FRI deket banget sama Masjid Syamsul Ulum Tel-U. Jadi untuk temen-temen yang muslim gak perlu khawatir kalau waktu solat datang.




Fakultas Teknik Informatika


Selamat datang di fakultas yang paling banyak gamersnya. Ada 4 program studi yang kece-kece di FIF, yaitu:
  • S1 Teknik Informatika & S1 Teknik Informatika Internasional
  • S1 Teknologi Informasi
  • S1 Rekayasa Perangkat Lunak
  • S2 Informatika 
Biasanya para gamers yang ingin membuat gamenya sendiri belajar di fakultas ini. Denger-denger di FIF banyak banget wibu disana, hehehe...... FIF juga banyak diminati karena perkembangan zaman dan ditambah lagi dengan Revolusi Industri 4.0, lulusan FIF akan banyak dicari orang.


FAKULTAS INDUSTRI KREATIF


Selamat datang di fakultas yang menurut gue gedungnya paling kece. Kalau kalian lagi di Telkom University, coba deh ke gedung fakultas ini. Isinya karya-karya dari para mahasiswa industri kreatif. Seperti namanya, semua program studi yang ada di FIK berbau seni. Ada 6 program studi yang kalian pelajari disini, yaitu:
  • S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) & S1 Desain Komunikasi Visual Internasional
  • S1 Desain Produk
  • S1 Desain Interior
  • S1 Kriya Tekstil & Mode (Fashion Design)
  • S1 Creative Arts (Painting, Photography and Film, and Intermedia)
Anak FIK terkenal dengan tugasnya yang ribet-ribet dan menguras kantong. Biasanya kalau anak FIK lagi jalan, mereka bawa kertas, atau buku gambar yang gede-gede. Musuh utama bagi anak FIK adalah mata kuliah Nirmana. Udah bikinnya ribet, gak boleh sama dengan Nirmana senior, dan kalau gak di terima ama dosen, disuruh bikin ulang lagi. Hadeeehhh...


 FAKULTAS EKONOMI & BISNIS


Selamat datang di fakultas yang isinya anak-anak orang kaya dan pengen jadi orang yang lebih kaya lagi hehehehehe....... Buat kalian yang pengen jadi pengusaha kekinian kalian bisa belajar disini dengan 4 program studi, yaitu: 
  • S1 International ICT Business
  • S1 Management of Business in Telecomunication and Informatics (MBTI)
  • S1 Akutansi 
  • S1 Manajemen 
Denger-denger sih... yang paling banyak diminati dari fakultas ini adalah MBTI. Disana kalian gak cuman diajarin tentang management aja, tapi ilmu telekomunikasi dan informatika juga bakal diajarin. Kalian bakal dibentuk menjadi pengusaha yang barbasis teknologi yang maju. Keren kann.... Tapi jurusan yang lain di fakultas ini juga gak kalah keren kok.


FAKULTAS KOMUNIKASI & BISNIS


Selamat datang di fakultas yang isinya cewek-cewek cakep (penilaian pribadi hehe). Ada 3 program studi yang ditawarkan, yaitu: 
  • S1 Administrasi Bisnis dan S1 Administrasi Bisnis Internasional
  • S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Ilmu Komunikasi Internasional
  • S1 Digital Public Relation
Biasanya orang yang belajar di fakultas ini seneng banget ngomong. Gue punya temen, temen gue punya temen lagi, dia anak ilmu komunikasi dan dia udah punya radionya sendiri. Kata temen gue kamar asramanya jadi studio penyiarannya, kurang keren apa lagi coba?


FAKULTAS ILMU TERAPAN


Selamat datang di fakultas terakhir perjalanan kita di telyu. Disini isinya program studi vokasi semua. Kalau kalian pengen jadi tenaga ahli yang menguasai ilmu bidang tertentu, kalian bisa belajar disini dengan pilihan 8 program studi, yaitu:
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Manajemen Informatika 
  • D3 Komputerisasi Akuutansi
  • D3 Teknik Komputer 
  • D3 Manajemen Pemasaran 
  • D3 Perhotelan
  • D3 Terapan Sistem Multimedia

 

Oiya gue juga meu ngerekomendasiin  link blogger keren:







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Teknologi dan Cara Mengatasinya

Tidak diragukan lagi, kita sekarang hidup dimana teknologi berkembang sangat pesat. Tanpa disadari atau tidak teknologi telah mempengaruhi kehidupan kita dalam bidang besosial maupun bidang fundamental sekalipun. Orang zaman modern sekarang dikenal sangat bergantung sekali terhadap teknologi sekitar mereka. Banyak orang yang beranggapan teknologi harus terus dikembangkan untuk mencapai kemudahan mengaskses ke berbagai macam hal dan hal yang penting untuk kesejahteraan bersama. Namun tidak sedikit orang juga yang beranggapan bahwa, teknologi yang berkembang dapat menggerus sifat sosial yang membuat masyarakat bersifat individualis, hanya mementingkan kepentingan dirinya dan orang sekitarnya. Sebenarnya teknologi berbahayakah atau menguntungkan bagi kita? Kalau berbahaya seberapa berbahayakah? Kalau menguntungkan seberapa menguntungkannya dia?  Sebenarnya sudah ada perdebatan tentang ini dalam hal ideologi maupun politik. Orang yang sangat mendukung perkembangan te

Kesan Pertama ke Telkom University

Selamat datang di blog gue. Kali ini gue mau nulis tentang bagaimana kesan pertama kali gue tentang kampus gue sendiri yaitu Telkom University dan asrama kampus yang akan gua diami selama satu tahun.  Lorong gedung asrama Hal pertama yang gue lakuin waktu pertama kali sampai di telyu (sebutan mahasiswa telkom untuk kampusnya) yaitu check-in asrama. Hari itu rame banget, karena ratusan mahasiswa baru telkom dengan orang tuanya masing-masing check-in asrama. Gue mendapat kamar di gedung 9. Setiap gedung asrama di telyu punya namanya sendiri. Yang gue inget dari gedung gue hanya namanya dan gue ga tau kalau orang di sana hanya menghafal nomor gedungnya doang. Otomatis gue sempet nyasar ke gedung asrama putri. Untung lagi hari check-in asrama, coba kalau hari biasa, kebablasan bisa bahaya urusannya. Setelah mengarungi gedung-gedung asrama di telyu akhirnya bertemulah gue dengan gedung gue yang akan gue tinggali selama setahun. Setiap gedung di telyu , memiliki senior yang bakal me