Langsung ke konten utama

Telkom University? Enak Ga Sih?

Pada blog kali ini gue mau ngebahas tentang kampus gue tercinta yaitu Telkom University (sebutannya telyu). Telkom University terletak di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Inget ya.. Kabupaten Bandung, bukan Kota Bandung. Telyu merupakan sekolah swasta yang menurut gue cukup terkenal di Indonesia. Dikutip dari Web Ranking of Universities  telyu masuk ke 10 universitas negri maupun swasta terbaik di Indonesia dan menurut Top Universities in Indonesia (Uni Rank)  telyu menjadi peringkat 11 universitas terbaik pada tahun 2018, saik ga tuh...

Di telyu ada 7 fakultas yaitu Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), Fakultas Informatika (FIF), Fakultas Industri Kreatif (FIK), Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), Fakultas Komunikasi & Bisnis (FKB), dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT). Setiap fakultas ada program studi lagi yang beragam. Nah.. kalau kalian mau tau lebih jauh tentang fakultas-fakultas yang ada di telyu baca aja di

Rasanya belum jadi mahasiswa kalau belum ikut perhimpunan mahasiswa atau Unit Kerja Mahasiswa, atau yang biasa disebut UKM. Kalau kalian ingin menjadi badan eksekutif kampus, di telyu ada BEM-KEMA Tel-U. Ada juga Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang tugasnya mengawasi, melantik, dan memberhentikan BEM-KEMA Tel-U, yaa semacam DPR lah. BEM-KEMA Tel-U menerapkan sistem demokrasi dan untuk pemilihan presiden mahasiswa ada PEMIRA. PEMIRA juga menjadi program kerja dari DPM. Untuk perhimpunan mahasiswa yang lain juga banyak banget, yang ga mungkin gue tulis satu-satu disini. UKM-nya juga ga kalah banyak, ada UKM daerah yang menjadi wadah untuk menyalurkan budaya-budaya yang ada di daerah-daerah Indonesia. Biasanya untuk anak rantau mereka masuk UKM daerah untuk ketemu ama temen-temen yang satu asal dengan mereka. Untuk UKM penalaran juga ada, buat kalian yang minat ama debat, bahasa, ilmu-ilmu sains, atau kalian suka main game dan pengen coba bikin game? eitss di telyu juga ada broo... dan ga harus anak informatika doang yang ikut, anak dkv juga boleh banget. Untuk kalian yang pengen menyalurkan bakat seni kalian, di telyu juga ada UKM seni.  UKM telyu sangat terbuka untuk semua fakultas, jadi kalau kalian anak teknik tapi punya bakat juga di seni bisa tuh dikeluarkan lewat UKM.

Untuk fasilistas di telyu banyak banget dan sangat memadai. Jadi kalian ga perlu khawatir. Banyak laboratorium di telyu, dari lab bikin mobil listrik sampe lab bikin pesawat tanpa awak juga ada. Kalau kalian mau jadi asisten lab juga bisa, dan lumayan buat nambah TAK (TAK bakal gue bahas di paragraf terakhir). Ada sepedah juga di kampus, jadi kalian bisa keliling telyu sambil sepedahan. Untuk perpustakaan, menurut gue telyu nomor satu. Sumpah.... perpusnya cozy banget. Perpusnya ada di lantai paling atas dari gedung FEB dan FKB. Jadi kalau kalian di perpus, kalian bisa menikmati pemandangan Dayeuhkolot dari atas. Perpusnya juga kece dan instagramable. Oiya... nama perpusnya adalah Open Library, biasanya telyutizen (mahasiswa telyu) manggilnya "oplib". Kalau kalian penasaran ama perpusnya nih tonton dah...


Untuk dosen-dosen yang ada di telyu menurut gue sudah kredibel semua. Ada yang Megister, Doktor, dan juga Profesor. Dosennya juga dari latar belakang yang beragam, tapi rata-rata berasal dari ITB. Sifatnya juga beragam, ada yang killer, ada dosen yang baik banget sama mahasiswa yaitu yang jarang ngasih tugas, dan ada dosen auto B (nah ini yang banyak dicari mahasiswa tapi sdm-nya dikit). Pokonya kalian harus jago-jago bagaimana menghadapi dosen-dosen tersebut agar kalian lulus tepat waktu. 

Sistem akademik yang ada di telyu menurut gue gak terlalu berbeda dengan kampus lain. Kalian harus menyelesaikan kuliah sampai 4 tahun, dan maksimal 7 tahun (kalau ga salah), kalau telat dari batas akhir tahun lulus kalian bisa di drop out. Untuk syarat kelulusan, kalian harus tes EPPRT yaa semacam TOEFL gitu dan harus mempunyai TAK minimal 60 poin untuk S1 dan 40 poin untuk D3. TAK adalah semacam poin keaktifan kalian di kampus maupun di luar. Jadi kalau kalian ikut perhimpunan mahasiswa, ikut UKM, jadi asisten lab, ikut kepanitiaan acara, dan ikut seminar kalian bakal dapet TAK. Poinnya beragam tergantung kegiatan apa yang kalian ikuti. Jadi kalian harus jadi mahasiswa kura-kura (KUliah RApat), jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (KUliah PUlang).

Nah masalah prestasi, telyu udah ikut berbagai macam lomba dan hasil yang diraihnya juga beragam. Kalau gue mau tulisin disini pasti blognya jadi panjang banget. Kalau buat gue, prestasi yang paling membanggakan di telyu yaitu prestasi dari Telkom University Choir. Mereka sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia untuk Kompestisi Internasional Franz Schubert di Jerman dan menjadi juara 1. Hebat ga tuh... 

Paduan Suara Telkom University Juara 1 di Kompetisi Internasional Franz Schubert

Mungkin sampai sini untuk tulisan ini. Semoga bermanfaat. Kritikan kalian sangat membantu blog gue. Taruh kritikan kalian di kolom komentar. Andd SEMANGAT PAGI!1!1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Teknologi dan Cara Mengatasinya

Tidak diragukan lagi, kita sekarang hidup dimana teknologi berkembang sangat pesat. Tanpa disadari atau tidak teknologi telah mempengaruhi kehidupan kita dalam bidang besosial maupun bidang fundamental sekalipun. Orang zaman modern sekarang dikenal sangat bergantung sekali terhadap teknologi sekitar mereka. Banyak orang yang beranggapan teknologi harus terus dikembangkan untuk mencapai kemudahan mengaskses ke berbagai macam hal dan hal yang penting untuk kesejahteraan bersama. Namun tidak sedikit orang juga yang beranggapan bahwa, teknologi yang berkembang dapat menggerus sifat sosial yang membuat masyarakat bersifat individualis, hanya mementingkan kepentingan dirinya dan orang sekitarnya. Sebenarnya teknologi berbahayakah atau menguntungkan bagi kita? Kalau berbahaya seberapa berbahayakah? Kalau menguntungkan seberapa menguntungkannya dia?  Sebenarnya sudah ada perdebatan tentang ini dalam hal ideologi maupun politik. Orang yang sangat mendukung perkembangan te

Kesan Pertama ke Telkom University

Selamat datang di blog gue. Kali ini gue mau nulis tentang bagaimana kesan pertama kali gue tentang kampus gue sendiri yaitu Telkom University dan asrama kampus yang akan gua diami selama satu tahun.  Lorong gedung asrama Hal pertama yang gue lakuin waktu pertama kali sampai di telyu (sebutan mahasiswa telkom untuk kampusnya) yaitu check-in asrama. Hari itu rame banget, karena ratusan mahasiswa baru telkom dengan orang tuanya masing-masing check-in asrama. Gue mendapat kamar di gedung 9. Setiap gedung asrama di telyu punya namanya sendiri. Yang gue inget dari gedung gue hanya namanya dan gue ga tau kalau orang di sana hanya menghafal nomor gedungnya doang. Otomatis gue sempet nyasar ke gedung asrama putri. Untung lagi hari check-in asrama, coba kalau hari biasa, kebablasan bisa bahaya urusannya. Setelah mengarungi gedung-gedung asrama di telyu akhirnya bertemulah gue dengan gedung gue yang akan gue tinggali selama setahun. Setiap gedung di telyu , memiliki senior yang bakal me

Tentang Telkom University: Hal Menarik Tentang Fakultas dan Prodi

Semangat Pagi!! Gimana kabarnya?? semoga baik-baik aja.... Nah kali ini gue mau ngebahas sedikit tentang fakultas, prodi setiap fakultas dan akreditasinya, dan hal menarik tentang setiap fakultas. Untuk akreditasi dari setiap prodi kalian bisa klik aja link-nya yang udah gue cantumin di pembahasan setiap fakultas. Fakultas Teknik Elektro  Selamat datang di fakultas gue. Fakultas Teknik Elektro, atau biasa disebut FTE, menaungi 4 program studi, yaitu: S1 Teknik Elektro & S1 Teknik Elekro Internasional S1 Teknik Telekomunikasi & S1 Teknik Telekomunikasi Internasional S1 Teknik Fisika S1 Sistem Komputer S2 Teknik Elektro Disini kalian akan belajar bagaimana menjadi pengendali lisrik, keren ga tuh? Bukan cuman menjadi pemanjat sutet, tapi kalian belajar bagaimana membuat robot-robot yang keren disini. Gue mengambil program studi Teknik Elektro. Kenapa Teknik Elektro? Karena menurut gue pribadi di masa depan nanti listrik akan menjadi kebutuhan yang sangat poko